Kamis, 09 Maret 2017

PRAKTIKUM 3 LATIHAN SOAL JARINGAN KOMPUTER

Soal dan jawaban Praktikum Jarkom 3 : fungsi server

 1. Jelaskan fungsi server DHCP,HTTP,FTP,DNS,dan EMAIL!

JAWAB:
fungsi DHCP Seperti yang sudah diterangkan. fungsi DHCP ini adalah dapat memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan request.
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
FTP adalah File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. HTTP, Muncul di awal setiap alamat halaman web, HTTP menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat-aplikasi pesan antara perangkat di web.
Fungsi Mail Server : berfungsi sebagai pengatur atau penerima dan penyalur respon atas email yang masuk. Tak hanya itu fungsi utama dari program ini adalah sebagai aplikasi yang digunakan untuk menginstal email.

2. Jelaskan fungsi dari router dan server !

JAWAB:
Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan, pada umumnya sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda denganswitch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

3. Apa perbedaan antara DHCP dan DNS?

JAWAB:
DHCP itu berperan sebagai protocol jaringan yang memungkinkan sebuah perangkat jaringan membagi konfigurasi IP Address kepada komputer-komputer user yang membutuhkan, sedangkan Fungsinya adalah untuk menerjemahkan nama Domain menjadi deretan angka IP. Contohnya saat kita akan membuka URL tertentu seperti google.com, yahoo.com, facebook.com, dll.
Maka disinilah DNS bekerja untuk melakukan encode (menterjemahkan) dari domain name ke dalam bentuk deretan angka unik berupa IP

0 komentar:

Posting Komentar